Fauna

Lebah

Halo teman-teman, gimana kabaranya nih? mimin berharap teman-teman semua dalam keadaan yang sehat. oke kali ini mimin bakalan ngabahas tentang salah satu jenis binatang, yaps kita bakal ngebahas tentang Lebah.

Lebah adalah salah satu jenis serangga yang dikenal karena hidupnya berkelompok meskipun sebenarnya tidak semua lebah bersifat demikian. Semua lebah masuk dalam suku atau familia Apidae . Di dunia ada memiliki kurang lebih 20.000 spesies lebah dan dapat ditemukan di setiap benua, kecuali Antartika. Sebagai serangga, lebah memiliki tiga pasang kaki dan dua pasang sayap. Lebah membuat sarangnya di atas bukit, di pohon kayu dan pada atap rumah. Sarangnya dibangun dari propolis (perekat dari getah pohon) dan malam yang diproduksi oleh kelenjar-kelelenjar lebah betina yang masih muda terdapat dalam badannya. Lebah memakan nektar bunga dan serbuk sari, dari situlah kita bisa menikmati madu. Serangga betina lebah memiliki peran penting dalam kelompok serangga ini. Perilaku dari lebah sangat ditentukan oleh perilaku dari lebah betina. Beberapa lebah betina dari spesies tertentu hidup sendiri (soliter) dan sebagian lainnya dikenal memiliki perilaku sosial. Lebah soliter membangun sendiri sarangnya dan mencari makan untuk keturunnya tanpa mendapat bantuan lebah lain dan biasanya mati atau meninggalkan sarang pada saat keturunnya belum menjadi lebah dewasa. beberapa spesies lebah soliter memberi makan dan merawat anaknya tanpa memberikan cadangan makanan bagi anaknya, bentuk hubungan seperti ini dikenal dengan istilah subsosial. Sementara pada tahap lebih tinggi, lebah hidup berkelompok dan saling berbagi tugas sesuai dengan bentuk fisik masing-masing.

itulah info mengenai Lebah, semoga bisa menambah wawasan yang bermanfaat dan kita bisa membantu menjaga agar hewan yang satu ini tidak punah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *