Fauna

Lumba-Lumba

Halo teman-teman, gimana kabaranya nih? mimin berharap teman-teman semua dalam keadaan yang sehat. oke kali ini mimin bakalan ngabahas tentang salah satu jenis binatang, yaps kita bakal ngebahas tentang Lumba-lumba.

Lumba-lumba adalah binatang menyusui karena lumba lumba adalah mamalia. Mereka hidup di laut dan sungai di seluruh dunia. Lumba-lumba adalah kerabat paus dan pesut. lumba-lumba memiliki kurang lebih 40 jenis. Bayi lumba-lumba yang baru lahir akan dibawa ke permukaan oleh induknya agar bisa menghirup udara. Lumba-lumba perlu naik ke permukaan untuk bernapas supaya tetap hidup. Lumba-lumba bernapas dengan menggunakan lubang udara yang terletak di atas kepalnya. Tubuhnya yang licin serta ramping sangat sesuai untuk berenang. Induk lumba-lumba menyusui anaknya dengan susu yang gurih dan menyediakan energi bagi anaknya supaya cepat besar. Setiap anak lumba-lumba selalu berada di dekat induknya, dengan begitu ibunya bisa melindungi dari bahaya. Lumba-lumba selalu menjaga hubungan dengan anaknya hingga tumbuh semakin besar. Induk lumba-lumba memanggil anak anaknya dengan siulan khusus yang bisa mereka kenali.

Lumba-lumba merupakan mamalia laut yang sangat cerdas, Sehingga banyak teknologi yang terinspirasi dari lumba-lumba. contoh yang paling terkenal adalah kulit lumba-lumba yang bisa memperkecil gesekan dengan air, sehingga lumba-lumba dapat berenang dengan sedikit hambatan air. Hal ini yang menginspirasi para perenang untuk merancang baju renang yang mirip kulit lumba-lumba. Lumba-lumba memiliki sistem yang digunakan untuk berkomunikasi dan menerima rangsang yang dinamakan sistem sonar, sistem tersebut dapat menghindari benda-benda yang ada di depan lumba-lumba, sehingga terhindar dari benturan. Teknologi ini juga menginspirasi dalam pembuatan radar kapal selam.

itulah info mengenai Lumba-lumba, semoga bisa menambah wawasan yang bermanfaat dan kita bisa membantu menjaga agar hewan yang satu ini tidak punah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *